Istana Siak Sri Indrapura

Jika anda mengikuti berita yang terjadi akhir-akhir ini, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan Istana Siak Sri Indrapura.

Wisata ini sempat mengalami musibah yang tidak menyenangkan karena adanya orang tak dikenal yang berusaha membakar peninggalan-peninggalan bersejarah di Istana ini.

Namun terlepas dari semua masalah yang terjadi, wisata ini merupakan wisata sejarah dan budaya yang menarik yang tidak boleh anda lewatkan saat sednag berkunjung ke Riau.

Istana Siak Indrapura berada di pusat kota Kabupaten Siak yaitu kota Siak Sri Indrapura, Kab. Siak. Kabupaten Siak merupakan kabupaten yang berbatasan dengan Kab. Pelalawan dan Kab. Bengkalis.

Dari pusat kota Pekanbaru, wisata ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 2 jam perjalanan saja. Posisi dari Istana Siak ini pun juga cukup strategis karena berdekatan dengan Sungai Siak.

istana siak tampak atas
source: riausky

Tak hanya bisa menggunakan jalur darat, pengunjung yang datang juga dapat menggunakan jalur laut menggunakan speedboat dengan jarak tempuh sekitar 2 jam menuju Pelabuhan Kota Siak.

Istana megah ini adalah peninggalan dari Kesultanan Siak yang merupakan kerajaan Islam terbesar yang ada di Riau di masa abad ke-20.  Lalu seperti apa wisata Istana Siak Indrapura ini? berikut ini beberapa informasi yang dapat anda ketahui.

Tampakan Istana Siak Sri Indrapura

Bangunan Istana ini didirikan di area  dengan luas mencapai 32.000 meter persegi, sehingga  jika dilihat dari kejauhan pun akan sangat tampak megah dan indah.

Di bagian gerbang, pengunjung yang datang akan disambut langsung dengan Patung Elang yang diletakkan di bagian atas dari tiang pilar pintu gerbang sehingga tak heran jika kegagahan akan sangat terasa melekat di bangunan Istana Siak Sri Indrapura.

Melihat dari halamannya, Istana ini begitu terlihat rapi dan sangat terawat. Ada halaman dengan rerumputan yang hijau mengelilingi istana ini.

Sehingga untuk menjaga agar pesonanya tetap terawat dengan indah, pemerintah setempat mengeluarkan Perda No.14 yang berisikan tentang larangan agar masyarakat tidak membangun bangunan apapun di sekitaran area istana dengan ketinggian melebihi bangunan Istana Siak dikarenakan agar bangunan Istana tidak akan tertutupi dengan bangunan lain yang lebih tinggi di sekitarnya.

Apa saja Yang Ada Di dalam Wisata Ini?

istana siak bentengMulai masuk ke dalam bangunan Istana Siak Sri Indrapura ini anda akan dibuat takjub dengan arsitektur dan gaya bangunannya yang cukup megah. Selain takjub dengan gaya bangunananya, anda juga bisa melihat banyak sekali peninggalan-peninggalan bersejarah dengan nilai tinggi.

Namun bagi pengunjung yang ingin masuk ke dalam istana, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan patuhi di dalam istana ini. Bagi pengunjung yang masuk, diwajibkan untuk melepas sepatu agar tidak merusak lantai dari Istana Siak Sri Indrapura ini.

Di dalam bangunan istana ini ada banyak sekali ruangan-ruangan yang dihiasi dengan ornament-ornamen yang memberikan kesan mewah tersendiri. Semua peninggalan-peninggalan bersejarah di tempat ini disimpan secara rapi dalam sebuah lemari kaca. Mulai dari alat-alat makan yang digunakan oleh Sultan hingga piring-piring dengan cap stempel kerajaan juga tersimpan dengan baik di tempat ini.

Semua benda-benda yang ada di dalam Istana ini didatangkan  langsung dari Benua Eropa, mulai dari sendok dan garpu, gelas-gelas, dan masih banyak lainnya. dulunya dibutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk bisa mendatangkan semua barang-barang karena trasnportasi yang masih belum sebaik saat ini.

istana siak bupati
source: merdeka daily news

Beralih ke ruang tamu Sultan, akan terasa sekali kesan mewh dan megah dari ruangan ini. terdapat meja berukuran panjang dengan kursi-kursi tamu yang tertata dengan rapi. Di ujung meja, ada singgasana Sultan yang dilindungi dengan kotak kaca.

Singgasana dengan berlapis emas ini memang sangat menarik pemandangan pengunjung karena warnanya yang mencolok jika dibandingkan dengan kursi-kursi lainnya. Memasuki ruang gading dan kristal, ada beberapa barang-barang yang lebih mewah lagi yang ditempatkan.

Ada replika dair mahkota Sultan dengan lapisan emas dan bertahta berlian serta beragam cinderamata yang merupakan pemberian langsung dari Kaisar China dan kepala-kepala Negara lainnya.

Melangkah ke lantai 2 dari Istana  ini, pengunjung akan disambut dengan tampakan tangga yang mewah dan berputar. Bahkan 2 tangga ini didatangkan langsung dari Belanda. Tangga ini memiliki ornament-ornamen yang menghiasi tampilan tangga sehingga semakin indah.

Masih di lantai 2, ada ruang yang digunakan untuk tamu-tamu kerajaan yang sednag menginap.  Selain itu, di lantai ini pula banyak sekali memori-memori dari masa-masa, baik itu foto keluarga, patung, hingga benda-benda kenangan yang dimiliki Sultan Siak.

Yang menariknya dari Istana Siak Sri Indrapura ini adalah dengan adanya peninggalan bersejarah bernama Komet, sebuah alat muik klasik dan hanya terdapat 2 buah saja di dunia. Satu berada di Jerman dan satu lagi tersimpan rapi di dalam Istana Siak Sri Indrapura.

istana-siak-nightAlat musik ini terbuat dari piringan baja yang beratnya hampir mencapai 5 kg. dengan tinggi sekitar 3 meter dan lebarnya yang mencapai 90 cm. Alat musik ini di bawa ke Istana Siak pada tahun 1986 dan cara memainkannya masih sangat manual yaitu diputar terlebih dahulu.

Bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh atau cinderamata, pengunjung bisa datang ke tempat souvenir-souvenir yang berada di sisi kanan dan belakang dari luar bangunan Istana. Disini ada beraneka ragam cindera mata yang bisa anda jadikan untuk oleh-oleh dnegan harga yang pastinya terjangkau.

Biaya Masuk dan Jam Kunjung

Bagi anda yang ingin berkunjung dan menikmati betapa kayanya kerajaan Islam terbesar di Riau ini, anda bisa datang berkunjung mulai dari pukul 9 pagi hingga 4 sore setiap harinya. Namun untuk di hari jumat, Istana ini buka dari pukul 9-11 pagi dan buka kembali pada pukul 2 siang hingga 4 sore. Untuk harga tiketnya sendiri.

Untuk harga tiketnya sendiri, anda bisa melihat daftar harga tiket di bawah ini:

  • Turis lokal: Rp 3.000 untuk dewasa, dan Rp 2.000 untuk anak0anak
  • Tursi Asing: rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak

Akses Menuju Lokasi Wisata

Untuk menuju ke Istana Siak Sri Indrapura ini benar-benar mudah, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Dari kota Pekanbaru, biasanya akan memakan waktu 2-3 jam perjalanan hingga menujua Istana Siak Sri Indrapura.

siak_wiranurmansyah
source: Wira Nurmansyah

Jika anda ingin menggunakan kendaraan umum, saat ini sudah terdapat Bus DAMRI yang beroperasi dengan kapasitas 25 penumpang yang melayani rute Siak-Kandis.

Bus DAMRI ini berangkat setiap pagi pukul 7 dan akan kembali di sore harinya pada pukul 3 sore. Jika anda ingin menggunakan transportasi laut, anda bisa mencoba menaiki speedboat.

Tentu saja akan banyak pemandangan berbeda yang bisa anda lihat selama perjalanan.

Nah itu tadi beberapa informasi-informasi terkait wisata Istana Siak Sri Indrapura. Wisata ini sangat cocok untuk anda jadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga yang pastinya menyenangkan dan seru. Tak hanya bisa menikmati keindahan dan kemegahannya saja, akan banyak hal yang bisa anda pelajari dari tempat ini. Semoga informasi diatas dapat bermanfat.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *