Ragam Kuliner Di Riau

Selama ini provinsi Riau lebih dikenal dengan kekayaan alamnya yaitu minyak bumi dibandingkan dengan sektor pariwisatanya. Padahal Riau memiliki kekayaan alam yang begitu indah dan alami karena belum banyak tangan-tangan yang mengeksplornya. Sehingga berlibur ke Riau dapat anda jadikan pilihan untuk mengisi waktu liburan anda bersama dengan orang-orang terdekat.

Berkunjung ke Riau tak lengkap rasanya jika anda tidak mencicipi ragam kuliner di Riau. Nah berikut ini beberapa kuliner khas dari Riau yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke salah satu provinsi di pulau Sumatera ini.

Gulai Ikan Patin

Jika anda berencana mendatangi Riau, maka jangan sampai anda tidak mencicipi kuliner khas yang sangat special dan fenomenal ini.

Gulai ikan patin menjadi salah satu makanan yang banyak digemari, terutama di kota Pekanbaru.

Hal ini dikarenakan cita rasa makanna yang benar-benar nikmat dan pastinya membuat ketagihan. Menu gulai ikan patin ini dapat anda temukan dengan mudah, dari warung hingga restoran besar yang ada di area kota Pekanbaru.

Kuliner khas Pekanbaru ini memiliki kuah kuning pekat yang digunakan untuk rendama dari potongan-potongan ikan patin yang besar.

Biasanya masyarakat sekitar menyantapnya dengan nasi hangat, lauk pelengkap serta beberapa jenis sayuran.

Ikan Baung Asam Pedas

Menu ikan lainnya yang menjadi ciri khas dari Riau adalah ikan baung asam pedas. Ikan baung merupakan salah satu ikan air tawar dengan kandungan protein yang tinggi namun rendah lemak. Jenis ikan ini memiliki habitat di sungai-sungai besar ataupun muara sungai.

Makanan ini diolang dengan menggunakan rempah-rempah pilihan seperti kemiri, jahe, kunyit, sereh, lengkuas, dan lainnya.  Kuahnya yang berwarna merah dengan daging ikan yang lembut pastinya membuat anda tidak akan menyesal mencicipinya.

Nasi Lemak

Makanan khas Riau ini juga dapat mudah anda temukan di Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Nasi lemak ini memang sering dijadikan menu sarapan oleh masyarakat Melayu.

Nasi lemak ini merupakan nasi yang dimasak dnegan menggunakan daun pandan dan santan kelapa. Sehingga memberikan cita rasa yang gurih dan lezat.

Biasanya nasi lemak ini dihidangkan bersamaan dengan lauk pauk pelengkap seperti ikan teri goreng, telur, sambal, dan lainnya. Menu nasi lemak ini dapat mudah anda temukan di rumah makan dan warung di Riau.

Ikan Selais Asap

Jika di kota-kota beasr, jenis ikan ini seringkali dijadikan sebagai ikan asin. Namun di Riau, ikan ini diolah dengan cara di asap ataupun dijadikan sebagai gulai maupun pindang.

Ikan Selais ini memang menjadi ikon yang cukup populer di Provinsi Riau, sehingga tak heran jika anda dapat mudah menemukannya di Provinsi Riau.  Uniknya untuk dapat dinikmati, ikan selais ini diasap kurang lebih selama 8 jam.

Setelah diasap, kemudian ikan dapat digoreng, dipindang, ataupun digulai. Ikan ini dapat anda beli sebagai oleh-oleh yang kemudian diolah sesuai dengan keinginan anda.

Roti Canai

Roti berbentuk pipih ini sebenarnya dapat anda temukan di Negara-negara lainnya seperti Malaysia, Singapura, dan Indonesia khususnya di wilayah Riau.

Roti ini dibuat dengan cara diputar hingga tipis dan kemudian dilipat serta dipanggang dengan menggunakan minyak.

Roti ini memiliki rasa yang empuk dan gurih. Biasanya roti ini dimakan dengan cara dicocolkan dengan kuah kari daging kambing.

Asidah

Ragam kuliner di Riau lainnya yang bisa anda coba adalah Asidah. Menurut cerita sejarah yang ada, makanna ini sebenarnya terinspirasi kudapan khas Arab dan disesuaikan dengan lidah orang-orang Melayu.

Hanya saja kuliner ini agak sulit ditemukan saat-saat ini. Asidah ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang gurih dan manis. Uniknya kue ini memiliki bentuk yang cantik, mulai dari bulat, bunga mawar, dan daun jambu. Biasanya asidah disajikan bersama dengan taburan bawang goreng agar aroma dan rasanya lebih istimewa.

Mie Lendir

Makanan khas Pekanbaru ini tak hanya mudah di temukan namun juga memiliki harga yang terjangkau. Jika dilihat dari visualnya, mie lendir ini sama saja seperti hidangan mie-mie lainnya, namun jika anda merasakannya dijamin anda tidak bisa lepas dari kelezatannya.

Mie lendir ini disajikan dengan kuah kental yang bentuknya mirip seperti lendir. Kuahnya yang kental dibuat dari bahan ubi, kacang tanah, dan rempah-rempah yang khas. Mie lendir ini dikombinasikan dengan telur rebus, tauge, dan potongan cabai.

Mie Tarempa

Tak hanya mie lendir, menu khas lainnya dari Riau yang harus anda cicipi adalah  mie tarempa. Mie tarempa sebenarnya merupakan makanan tradisional yang ada di daerah Bintan, Batam, Tarempa, Karimun dan Riau. Mie ini diolah seperti hidangan-hidangan mie lainnya.

Namun yang berbeda adalah pada bumbu dan pembuatannya. Masyarakat sekitar seirngkali menyebutnya dengan nama mie santan. Mie ini disajikan dengan 2 pilihan yaitu mie goreng dan basah.

Roti Jala

Roti jala juga termasuk salah satu kuliner khas dari Riau yang tak boleh anda lewatkan. Biasanya roti jala ini dihidangkan pada pesta-pesat besar. Makanas yang berbahan dasar tepung teridu ini biasanya disajikan dengan saus durian jika anda menyukai makanan yang manis. Namun jika anda menyukai rasa yang gurih, roti jala juga dapat dimakan dengan kari daging ayam, sapi, atau kambing.

Kue Lopek

Siapa yang tidak mengenal kue Lopek? Kue yang satu ini memang cukup populer di berbagai daerah di Indonesia. Namun sebenarnya kue ini adalah kuliner khas dari Provinsi Riau, tepatnya di Kab. Kampar.

Lopek bugi atau yang dikenal dengan nama lepat ketan ini dulunya hanya dikonsumsi oleh orang-orang bangsawan saja. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini masyarakat bebas mengkonsumsi kue yang satu ini.

Anda bisa membelinya untuk dijadikan oleh-oleh. Kue ini cukup mudah anda temukan di toko-toko oleh-oleh yang ada di Riau. Sehingga saat anda berlibur ke Riau, kue ini wajib anda bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

Lempok Durian

Lempok durian termasuk pula ke dalam ragam kuliner di Riau yang tidak boleh anda lewatkan, terutama bagi anda yang menyukai buah durian. Lempok ini bentuknya seperti dodol yang terbuat dari jenis durian Siantan yang dikenal dengan rasanya yang nikmat.

Pembuatannya hingga kini masih banyak dilakukan dengan cara yang sederhana dan turun temurun. Anda bisa dengan mudah menemukannya di toko-toko oleh-oleh yang ada di Riau, terutama di Kota Tarempa.

Nah itu tadi beberapa ragam kuliner di Riau yang wajib untuk anda cicipi saat sedang berada di Riau. Jika perlu anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh istimewa untuk dibagikan ke sanak saudara maupun teman. Jangan sampai anda melewatkan berbagai kuliner-kuliner lezat asli Indonesia ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *