Tempat Wisata Paling Populer Di Riau

Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia, tepatnya berada di Pulau Sumatera. Letak provinsi ini berada di bagian tengah dari pantai timur Pulau Sumatera.

Selama ini mungkin banyak orang yang hanya mengenal Riau sebagai kota dengan sumber alam minyaknya. Namun tahukah anda? Riau menyimpan potensi alam dan wisata yang luar biasa.

Bahkan tempat-tempat wisata di Provinsi Riau juga tidak kalah menariknya dengan provinsi lainnya di Pulau Sumatera.

Jika anda sedang berlibur, anda bisa mencoba mendatangi 10 tempat wisata paling populer di Riau yang sangat direkomendasikan.

Istana Siak Sri Indrapura

Wisata searah satu ini sudah berdiri pada tahun 1889, dibangun oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Dapat dikatakan jika wisata Istana Siak Sri Indrapura ini menjadi kebanggan dari masyarakat Riau.

Bangunannya memiliki gaya arsitektur khas Melayu, Arab, dan Eropa yang sangat mempesona. Ada banyak koleksi-koleksi sejarah yang bisa anda lihat langsung, mulai dari patung perunggu dari Ratu Wilhelmina asal Belanda, Patung Sultan Syarif Hasyim I dengan bahan dasar batu pualam dengan hiasan berlian, hingga gendang yang usianya lebih dari 200 tahun.

Dan terakhir kali gendang ini dimainkan di tahun 1914 di masa pelantikan Sultan Syarif Kasim II. Jika anda berkeinginan untuk berkunjung ke tempat ini, anda harus membayar tiket masuk sekitar 3 ribu rupiah.

Cukup murah bukan? Namun ada yang perlu anda perhatikan saat masuk ke dalam bangunan utama. Anda harus melepas alas kaki agar tidak merusak lantai granit di Istana ini.

Sungai Kampar

Ingin merasakan sensasi berselancar namun bukan di pantai? Maka cobalah mengunjungi Sungai Kampar yang ada di Desa Teluk Meranti. Di Sungai Kampar ini ada fenomena alam yang mungkin tidak dapat anda temukan di tempat lainnya yaitu Rokan Bono.

Fenomena alam ini akan muncul sebelum pasangan surut, yang aman air lau akan mengalir masuk dan kemudian bertemu dengan air sungai Kampar.

Karena pertemuan ini lah menciptakan gelombang yang berkecepatan tinggi bahkan hingga menghasilkan suara yang mirip seperti angin kencang disertai Guntur.

Saat musim pasang datang, maka ombak di Sungai Kampar ini dapat mencapai ketinggi 4-6m. Tak heran jika banyak sekali wisatawan hingga peselancar asing yang menjajal ganasnya ombak di Sungai ini.

Bagansiapiapi

Wisata yang satu ini sebenarnya merupakan ibu kota dari Rokan Hilir, Riau. Kota ini awalnya banyak sekali didatangi oleh imigran-imigran asal China. Sehingga tak heran jika anda merasa serasa berada di Negara Taiwan namun ada di Pulau Sumatera.

Tak hanya suasananya yang khas dengan budaya Tionghoa. Namun disini anda bisa menikmati kuliner –kuliner khas Tiongkok yang terkenal lezat. Tak hanya itu saja anda juga, ada banyak sekali acara-acara budaya menarik yang pastinya tidak akan mengecewakan untuk dilihat.

Air Terjun Aek Martua

Uniknya di air terjun ini anda bisa menikmati keindahan 3 air terjun sekaligus yang indah dengan ketinggian yang berbeda. Mulai dari ketinggian 15 meter hingga ada yang mencapai 35 meter. Air terjun yang pertama ini terdapat hamparan batu dengan ukuran yang cukup lebar.

Untuk air terjun yang kedua, disini anda bisa menemukan kolam dengan luas mencapai 250 m2 yang dapat digunakan untuk bermain air atau mandi. Dan yang lebih spektakuler lagi di air terjun ketiga adalah anda bisa mencoba untuk memanjat tebing untuk memacu adrenalin anda.

Untuk mencapai air terjun ini, setidaknya anda harus melakukan perjalanan hingga 1 jam dari Tapanulis Selatan. Dan setelah itu lanjut dengan berjalan kaki sejauh 6,5 km dengan melewati banyak sekali tempat mulai dari jembatan gantung, pertamanan hutan, perkebunan rakyat, dan lainnya.

Taman Alam Mayang

Salah satu hal yang menjadi daya tarik di tempat wisata ini adalah adanya pemandangan jembatan yang terbentang di Sungai Siak, Jembatan Leghton. Tak heran jika banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, bahkan dari luar daerah sekalipun.

Disini tersedia banyak sekali wahana-wahana seru yang disediakan untuk pengunjung, mulai dari permainan air seperti karpet ajaib, banana boat, air Bike, kapal kemping, bola mandi, dan masih banyak lainnya.

Selain itu juga banyak terdapat permainan-permainan seru untuk anak-anak dan keluarga yang patut anda coba. Ingin mencoba wisata outdoor, anda bisa menaiki flying flox, target tembak, fox safari, dan lainnya.

Selain itu untuk anda pecinta aktivitas di dalam ruangan, anda dapat mencoba 3D Studio, mascot topeng, atraksi badut, dan masih banyak lainnya yang pastinya seru.

Kebun Binatang Sang Kulim

Wisata lainnya yang termasuk dalam 10 tempat wisata paling populer di Riau adalah kebun Binatang Sang Kulim. Kebun binatang dengan luas mencapai 10 hektar ini memang menjadi tempat yang ramai dikunjungi bahkan saat menjelang weekend.

Ada banyak hewan-hewan menarik yang ada di dalam Kebun Binatang ini mulai dari burung, ular, monyet, landak, dan lainnya.

Selain itu, bagi anda yang membawa anak-anak, ada banyak permainan seru yang disedikana mulai dari ayunan, kolam pancing anak, papan seluncur, hingga mencoba naik gajah. Untuk tiket masuknya sendiri, 20 ribu rupiah untuk dewasa dan 10 ribu rupiah untuk anak-anak.

Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh ini merupakan daerah perbukitan yang berada di dataran rendah di bagian timur Sumatera. Disini anda bisa menyaksikkan potensi yang sangat beragam dari tanaman dan hewan endemic yang ada di tempat ini.

Ada beberapa jenis ekosistem yang menyusun Taman Nasional ini, mulai dari hutan dataran rendah, hutan dataran tinggi, dan hutan pamah. Disini anda juga bisa melihat berbagai flora-flora unik dan langka seperti Permen Merah, jelutung, Pulai, Rumbai, Jamur wajah/Rafflesia, Turi Naga, dan banyak jenis rotan.

Masjid Agung

Riau juga memiliki wisata religi yang patut anda kunjungi yaitu Masjid Agung yang berada di tepian selatan dari Sungai Siak. Masjid tertua yang ada di Pekanbaru ini sudah berdiri pada abad 18.

Di sisi masjid anda bisa menemukan beberapa makam keluarga kerajaan yang memang sudah tua dan dianggap suci sehingga tak heran jika banyak sekali pengunjung yang datang berziarah ke makam ini.

Candi Muara Takus

Objek wisata sejarah ini berada di Desa Muara Takus, Kec. Koto, Kampar XIII dan menjadi satu-satunya candi peninggalan agama Budha yang ada di Riau.

Situs Candi Muara takus ini memiliki beberapa bangunan di dalamnya seperti Candi Sulung, Candi Bungsu, Palangka, dan Mahligai. Candi ini dikelilingi oleh tembok yang terbuat dari batu putih dengan ukuran 74 x 74 meter.

Pantai Selat Baru

Dapat dikatakan jika pantai Selat Baru menajdi pantai terindah yang ada di Bengkalis, nama pantai ini diambil dari nama Desa dari pantai tersebut.

Pemerintah setempat pun juga telah menjadikan wisata ini sebagai salah satu potensial yang cukup menarik bagi wisatawan yang sedang berkunjung.

Jika anda beruntung, anda bisa menyaksikan acara tahunan yang menarik yaitu jong boat racing, layang-layang, dan gasing sebagai acara kompetisi yang cukup sayang jika dilewatkan.

Tak hanya itu saja, anda juga bisa menyaksikan atraksi seni dan budaya khas Riau yang digelar di kawasan Pantai Selat Baru ini.

Nah itu tadi 10 tempat wisata paling populer di Riau yang wajib anda kunjungi. Sebenarnya masih banyak wisata-wisata menarik lainnya yang ada di Riau, namun 10 tempat wisata ini cukup populer dan harus anda coba. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *