Wisata Air Terjun di Riau

Meskipun dikenal sebagai provinsi penghasil minyak bumi, namun nyatanya ada banyak potensi alam yang terpendam di dalam Riau. Banyak sekali wisata-wisata menarik yang dapat anda kunjungi selama berada di Riau.

Salah satu wisata yang cukup banyak anda temukan dengan pemandangan yang menajubkan di kota Riau adalah wisata air terjun nya. Ingin mencoba berbagai macam wisata air terjun di Riau? Pilihan-pilihan wisata ini bisa anda coba.

Air Terjun Guruh Gemurai

Objek wisata ini berada di Desa Kasang, kec. Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Senggigi. Jaraknya sekitar kurang lebih 25 km dari Taluk Kuantan. Untuk akses menuju lokasi wisata ini cukup mudah, tak hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi saja.

Anda juga dapat menggunakan alternative lainnya dengan menggunakan kendaraan  umum. Keindahan alam dri Air Terjun Aek Martua memang membuat wisawatan yang datang bisa betah berlama-lama menikmati suasana  di tempat ini.

Tak hanya menampilkan pesona air terjun yang unik karena jatuh secara bertingkat namun juga memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan. Karena keunikannya tersebut, air terjun ini sering dikenal dengan nama Air Terjun Seribu. Nama Air Terjun Aek Martua sendiri berasal dari bahasa Suku Mandaling yang memiliki arti air bertuah.

Air Terjun Pangkalan Kapas

Bagi anda pecinta petualang, mungkin air terjun ini merupakan “surge” yang tidak boleh anda lewatkan. Karena air terjun nya yang jatuh langsung dari ketinggi 150 m, membuat air yang mengalir di air terjun pangkalan kapas ini tidak akan menyentuh dinding tebing sedikitpun.

Tebingnya yang miring ke arah dalam membuat air terjun dapat langsung mengalir ke bawah. Air terjun ini juga ddisebut sebagai air terjun tertinggi yang ada di Riau, bahkan di Pulau Sumatera sekalipun.

Meskipun belum banyak wisawatan yang datang berkunjung, namun ketinggian dan keunikan yang dimiliki air terjun ini memang sudah menjadi buah bibir di kalangan masyarakat. lokasinya berada di Desa Lubuk Bigau, Kec. Kampar Kiri Hulu memiliki akses yang agak sulit untuk dilalui.

Namun itu menjadi tantangan tersendiri terutama jika anda menyukai hal-hal yang dapat memicu adrenalin. Untuk menikmati keindahan dari air terjun ini akan lebih seru lagi jika anda menggunakan mobil atau motor yang memiliki spesifikasi khusus.

Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Korban

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memang  memiliki tampakan alam air terjun yang  memiliki  7  tingkatan dan mengalir menuju Sungai Kuantan. Ketinggian yang dimiliki air terjun ini sangat bervariasi tergantung dari setiap tingkatannya. Untuk tingkat 1 dan 4 memiliki ktinggian 5-15 meter.

Dan untuk tingkatan 6 dapat mencapai bahkan hingga lebih dari 30 meter. Jika anda berkeinginan untuk mencapai hingga di tingkatan ke tujuh, maka anda harus mendaki tebing-tebung yang ada.

Air Terjun Panisan

Air terjun ini sedang booming  di kalangan wisawatan, khususnya di sosial media. Jika anda berkunjung ke air terjun ini, tidak hanya satu air terjun saja yang dapat anda nikmati namun dua sekaligus. Air terjun yang pertama memiliki kolam penampungan yang berada di bawah pancuran air terjunnya.

Jika anda meneruskan untuk mendaki tebing batu tersebut, maka anda bisa menemukan air terjun lainnya yang lebih kecil. Wisata ini emmang sangat direkomendasikan bagi anda pecinta hiking. Mengapa? Karena sebagian besar kawasan ini masih hutan alami dan untuk mencapai air terjun perlu untuk mendaki bukit-bukit. Cukup seru bukan?

Air Terjun Alahan

Lokasi wisata ini berada di tepian Sungai Kampar, tepatnya berada di bagian Hulu Sungai , Kec  XIII Koto Kampar, Riau. Keindahan yang anda bisa lihat tak hanya pad aair terjunnya saja, anda juga bisa melihat keindahan flora-flora yang khas dan tumbuh di area ini. ketinggian air terjun ini mencapai 15 meter, tak heran jika tampakan alamnya snagat indah dan eksotis.

Disini ada banyak sekali arung jeram dengan background air terjunnya yang sangat indah. Anda juga dapat menikmati keindahan air terjun dengan menggunakan perahu khusus yang disediakan. Air terjun, flora fauna, dan kegiatan-kegiatan yang menarik menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke liburan.

Air Terjun Empunawan

Air terjun Empunawan ini sebenarnya sama seperti air terjun 86 yang sama-sama berada di dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Riau. Lokasi dari air terjun ini berada di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal dengan pemandangannya yang sangat eksotis dna indah.

Jadi jangan sampai liupa mengabadikan momen-momen liburan anda di air terjun yang emmiliki ketinggian hingga mencapai 31 meter. Tepat di bawah air terjun, anda akan menemukan kolam yang dapat digunakan untuk mandi hingga berenang. Jangan khawatir, disini pengunjung dapat bermain air dengan aman.

Air Terjun Lubuk Inyu

Lokasi wisata ini berada di Desa Kuok, Kab Kampar, Provinsi Riau yang berjarak sekitar 63 km dari pusat Kota Pekanbaru. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam untuk dapat mencapai tempat ini.

Namun karena akses jalannya yang tidak terlalu bagus, sebaiknya gunakan motor atau sejenis mobil jeep untuk melalui akses menuju air terjun. Hal ini karena sebagain besar jalanan masih berbatu dan belum banyak yang beraspal.

Meskipun memiliki ketinggian hanya sekitar 7 meter saja, namun aliran air terjun cukup deras. Ditambah lagi dengan bebatuan gunung yang berukuran cukup besar di sekitarnya menambah kencatikan tersendiri dari ai terjun ini. Di bawah air terjun juga terdapat kolam yang dapat digunakan pengunjung untuk bermain air, mandi dan berenang.

Air Terjun Batu Dinding

Wisata air terjun di Riau yang cantik lainnya yang dapat anda kunjungi adalah air terjun Batu Dinding. Tepatnya berada di Kab. Kampar , lokasi air terjun ini berada di kawasan wisata batu dinding.

Disini anda tidak hanya menikmati keindahan air terjun saja, namun juga ada 3 atraksi alam yang tidak boleh anda lewatkan yaitu 2 air terjun serta satu air selancar. Meskipun membutuhkan perjuangan untuk mencapai lokasi wisata ini karena berada tepat di tengah-tengah dari Hutan Desa Tanjung Belit, namun akan terbayar dengan keindahan yang bisa anda rasakan.

Air Terjun Tembulan Rusa

Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 18 m dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Sehingga pengunjung yang datang dapat dengan aman untuk bermain air,berenang maupun menyelam di kolam air terjun ini.

Bagi anda yang menyukai tantangan, anda bisa mencoba  untuk naik ke atas iar terjun melalui bebatuan yang ada dan melompat dari ketinggian tersebut ke arah kolam. Tertarik untuk mencobanya?

Sembilan wisata air terjun di Riau ini bisa anda jadikan pilihan sebagai wisata alam yang menarik untuk destinasi liburan anda besama keluarga. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengunjungi wisata alam. Tak hanya melihat keindahannya saja, namun fisik dan pikiran anda bisa menjadi lebih fresh lagi nantinya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *